Menjadi Pekerja Dengan Etos Kerja Profesional

Etos kerja guru sangat penting dalam konteks pengembangan profesionalisme guru, karena itu perlu dijaga dan dibina secara berkelanjutan. Dengan etos kerja guru yang tinggi sangat memungkinkan para guru mampu mengambil keputusan-keputusan terbaik untuk mengaktualisasikan dirinya secara maksimal. Tidak ada orang sukses yang bermalas-malasan di kantor saat bekerja. Dalam merintis dan mengembangkan bisnis, visi serta misi merupakan fondasi yang sangat penting. Anda harus pastikan bahwa partner bisnis anda nantinya memiliki visi dan misi yang sama dengan anda. Selain dari sisi SDM, pengelolaan keuangan juga menentukan perjalanan sebuah bisnis.

Misalnya, pada saat rapat kolegamu tidak setuju dengan pendapatmu dan terjadi argu argumen. Jangan meninggikan suara, membuat gestur dengan tangan secara berlebihan, dan hindari terlibat secara private. Contoh lain dari integritas adalah kamu bilang kepada atasanmu bahwa kamu bisa menyiapkan berbagai macam kostum untuk acara kesenian kantor. Kamu tidak memiliki kenalan penyewaan kostum, karena dikejar deadline kamu hanya mendapatkan sebagian dari total kostum yang dibutuhkan. Jika kamu tahu bahwa kamu akan kesulitan untuk memenuhi hal tersebut, ada baiknya kamu utarakan sebelumnya.

Seorang tokoh penting asal Amerika, Benjamin Franklin, pernah berkata bahwa Anda tidak boleh menunda sesuatu ke hari esok jika Anda dapat melakukannya hari ini. Nasihat ini sudah berusia berabad-abad tetapi masih relevan dalam mengembangkan etika yang menguntungkan di pekerjaan Anda. Jika Anda diharuskan berada di kantor pada waktu tertentu, datanglah di sana lebih awal dari waktu yang ditentukan. Datang lebih awal memberi Anda kesempatan untuk meninjau pekerjaan hari itu.

Mulai dari operasional, bahan baku, hingga gaji karyawan bisa dicatat secara berkelanjutan dan jelas. Izin praktik sebagai konsultan pajak biasanya didapat dan ditetapkan oleh DJP atau pejabat yang telah ditunjuk. Izin ini hanya berlaku selama 2 tahun sejak diterbitkan dan berlaku di seluruh Indonesia.

Dinamika kyai dalam bisnis di Pamekasan terdapat sebuah dinamika yang menarik yaitu masuknya unsur bisnis dalam pesantren yang lebih dikenal dengan istilah ekonomi. Bisnis telah menjadi sebuah kajian yang kontekstual dalam kehidupan pesantren. Dakwah kyai dengan membangun fondasi ekonomi umat sama seperti membina fondasi tauhid yang akan menyelamatkan umat dari kekafiran sebagai salah satu akibat dari kefakiran yang dideritanya. Kehidupan yang berkualitas dalam segi kebahagiaan merupakan sebuah cita-cita bersama dalam kerangka pembangunan kehidupan yang ada dan menjadi cita-cita bersama umat Islam.

Etos kerja, seorang pebisnis

Etos kerja yang tinggi itu sangatllah di butuhkan dalam kehidupan, sebab jika seorang mempunyai etos kerja yang tinggi dia akan melakukan pekerjaan tersebut dengan tulus dan ikhlas dan sesuai dengan syariat Islam. Allah menyukai orang kuat dan mau berusaha, serta mampu menciptakan kreasi baru yang lebih baik untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Tanamkanlah sikap wirausahawan yang menjadi salah satu indikator menjadi seorang yang Dermawan, berwirausahalah mulai saat ini dengan menjunjung etos kerja yang tinggi agar tujuan hidup yang kita inginkan dapat tercapai.

Pengusaha yang sukses akan menghadapi segala ketidaknyamanan dan tidak takut untuk mulai dari awal. Bahkan, beberapa wirausahawan mungkin akan memberitahu Anda bahwa bisnis mereka ternyata jauh berbeda dari apa yang semula mereka bayangkan. Seorang pemula yang mandiri dan ambisius tidak puas dengan pekerjaan 9-to-5 yang menguras tenaga. Mereka tidak menyerah setelah dihadapi dengan tantangan pertama dan sering kali mengerjakan semuanya sesuai tenggat waktu.

Misalnya, jika perusahaan mengambil bagian dalam praktik yang tidak etis, seperti prosedur dan perlindungan privasi pelanggan yang buruk yang dapat mengakibatkan pelanggaran knowledge. Hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah ethical yang kompleks. Untuk itu perlu dibuat system regenerasi dan kaderisasi karena keturunan kita sendiri belum tentu becus menjalankan usaha yang sudah kita rintis dengan susah payah.