5 Masalah Umum Yang Sering Dihadapi Oleh Pemilik Bisnis

Bila Anda serius ingin memiliki bisnis yang berhasil, sebaiknya gunakan sebuah penghapus besar dan hilangkan semua bayangan diatas terlebih dahulu. Bila Anda hanya ingin hidup santai, maka memiliki bisnis bukanlah solusinya. Yang banyak saya pelajari adalah seorang business woman harus punya assist system yang kuat, beruntungnya saya dan suami bergerak di industri marriage ceremony, jadi punya ritme pekerjaan yang sama dan saling mengerti. Weekend adalah jam kerja saya yang sulit untuk diganggu, saya sering lembur bahkan nginep di venue disaat weekend. Saya sangat tegas dan perfectionist banget kalau sudah mulai proyek. Leader juga menurut saya harus punya kepekaan yang tinggi terhadap anggotanya, dan sensitivitas itu mungkin kelebihan pebisnis wanita yang harus dijaga.

Sebagai contoh, kamu akan cuti pada awal bulan dimana banyak laporan yang harus dikerjakan. Sebelum cuti, kamu bisa melakukan handover pekerjaan kepada kolegamu. Akan tetapi, kamu harus mengajari tiap prosesnya sampai laporan tersebut selesai, untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Jika faktur terlambat atau tidak dibayarkan sesuai jadwal, maka akan dapat mengganggu suatu aliran kas perusahaan. Implikasinya, UMKM tidak dapat berjalan dengan lancar seperti sedia kala. Oleh karena itu, jangan biarkan dan jangan sampai klien terlambat atau tidak membayar ketika menerima tagihan.

Etos kerja, seorang pebisnis

Kalau kamu ingin sukses menjadi seorang pengusaha, maka etos kerja harus tertanam dalam DNA-mu dari sekarang. Meskipun sekarnag ini kamu masih bekerja, kemampuan dalam membangun etos kerja bisa dilatih dari sekarang. Bekerjalah untuk meningkatkan kemampuanmu, agar kamu bisa bekerja sepenuh hati tidak hanya sebatas memenuhi goal yang ditentukan atasan. So, jika Anda memiliki jenis usaha kecil apa pun, Anda tahu betapa pentingnya untuk dapat merekrut orang yang tepat untuk bergabung menjadi karyawan. Dan, setelah mendapatkan karyawan yang bisa berkontribusi untuk perusahaan, berikutnya ada sejumlah PR yang harus Anda lakukan demi bisa mengelola aset terbesar perusahaan ini, terutama jika mereka adalah karyawan terbaik. Budaya kerja perusahaan yang positif ibarat tulang punggung semua jenis bisnis.

Nabi Daud adalah seorang ahli pertenunan , Nabi Adam seorang petani, Nabi Idris adalah tukang jahit dan nabi Musa adalah seorang pengembala sedangkan Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang ulung. Ternyata, masyarakat Indonesia terbilang sederhana dalam mengartikan kesuksesan. Penduduk Indonesia juga mengungkapkan optimisme yang besar untuk bisa meraih kesuksesan dalam waktu satu tahun, lebih tinggi daripada negara tetangga seperti India, Singapura, dan Australia.

Mereka yang memiliki etos kerja tentu akan bekerja dengan kejujuran dari setiap langkah pekerjaan yang dia jalani. Kejujuran inilah yang tidak dapat dipaksakan, melainkan sebuah panggilan dari dalam hati setiap orang. Komitmen merupakan sebuah keyakinan yang mengikat kemudian dengan keyakinan tersebut perilaku menuju arah tertentu yang diyakininya. Dalam komitmen juga tentu terdapat sebuah tekad untuk membuat keyakinan itu ada. Karenanya mereka yang memiliki etos kerja, tentu memiliki komitmen yang kuat terhadap pekerjaan yang dijalaninya. Memang banyak yang mengatakan tidak semua orang punya bakat jadi pengusaha, namun menilik dari kisah-kisah di atas, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan merupakan hasil dari kerja keras, bukan murni dari bakat.